Rabu, 30 September 2015

[Review] MV+Ina. Trans. GOT7 – Mad/If You Do (니가 하면)





Ina. Trans.
[Jr] Jika kau yang bertindak, itu BAGUS
Jika aku yang bertindak, itu SELESAI
Bagaimana bisa kau selalu bilang aku yang salah
Kau yang selalu menang
Air matamu adalah senjata utama
[JS] Dulu aku tertarik dengan kepercayaan dirimu
Tapi sekarang aku berjalan tertunduk/berlutut
Kau bahkan membesar-besarkan kesalahan kecilku
Dan mendorongku hingga ke ujung
[YG] Ya, aku memang mencintaimu, karena itu aku bersamamu
[BB] Setiap hari, setiap malam, rasanya seperti orang bodoh
Kau pasti tahu
Kenapa, kenapa, kenapa kau selalu marah, marah, marah padaku?
[Jr.] Bisakah kita kembali ke waktu kita yang dulu?
**[JB] Jika kau yang bertindak, itu selalu jadi sesuatu yang BENAR
Jika aku yang bertindak, aku tidak pernah bisa menang
Tiba-tiba kau menjadi orang yang berbeda
Saat bersamamu, aku merasa cemas
[YJ] Jika aku yang bertindak, jika aku yang bertindak
Jika aku yang berkata sesuatu, kau selalu bilang, ‘Ayo putus’
Jadi aku tidak bisa mendekat
Tidak bisa memperdalam cintaku padamu
[MT] Kau seringkali membicarakan hal yang sama berulang-ulang
Kau memaksaku melakukan sesuatu untuk menyenangkanmu
Aku lelah dengan semua percobaan dengan hasil yang sudah pasti
Aku lelah untuk mencari kebebasan
[BB] Bagimu mereka hanya teman
Bagiku, mereka bisa saja orang-orang brengsek yang mencoba untuk menggodamu
Kesalahan yang lain, jika kau yang bertindak, itu TIDAK APA-APA
Tapi jika aku yang bertindak, HUH
[YG] Aku harap kau tidak bertindak terlalu jauh
Tapi ternyata kau tidak berhenti
[MT] Saat ini aku bicara dalam tidurku, ‘Aku akan baik-baik saja’
[JS] Jika tidak ada yang ingin kau bicarakan
Kau selalu bilang, ‘Aku mau tidur’
[MT] Frustasi, tidak ada yang bisa diajak bicara
[JS] Kadang aku merasa diriku sedang terjebak
*Back to chorus*


***
NOTE : Yayy, GOT7 kembali lagi dengan lagu tema yang jauuhhhh beda dengan era Just Right sekitar dua bulan lalu. Cukup cepat emang ketika om JYP memutuskan kambek GOT7 cuma selisih 2 bulan setelah promo album sebelumnya. Kali ini, om JYP gak berpartisipasi dalam pembuatan musik lagu yang dikasih judul MAD/If You Do (니가 하면) ini. Lagu ini diproduseri oleh Black Eyed Pilsung, orang yang sama yang memproduseri beberapa lagu 4minute, Trouble Maker dan juga BEAST. Jadi gak heran kalo ada yang ngerasa feel lagu ini rada mirip BEAST-Fiction. Kalo dari segi MV juga, banyak yang bilang GOT7-MAD ini semacam campuran Bigbang-ish, INFINITE-ish dan juga 2PM-ish. Ya ya, pendapat orang kan beda-beda ya. Kalo kataku ini konsep yang segar (?) buat GOT7. Emang tipe-tipenya JYP-ish gitu deh. Aku cuman berharap GOT7 gak dibilang ‘The Next 2PM’. Aku lelah dengan anggapan orang yang bilang kalo GOT7 bakal jadi The Next 2PM *mepet ke sudut dinding*.

Oke, jadi di MV ini, GOT7 berubah dari mini-me yang unyu dan penuh warna di JUST RIGHT, menjadi sekelompok cowok-cowok berjas yang marah dan berusaha melampiaskan kemarahannya ke tempat yang salah gegara ceweknya egois, semaunya sendiri dan nyebelin. Aku gak ngerti sama maunya stylist-noona buat tema lagu ini. Kok ya nanggung banget gitu konsep REBEL, ANGRY, BAD BOY dan sebangsanya itu? KENAPA MEREKA PAKE JAS? EMARRGGEEDD~


Menurutku ya, setelan jas itu buat menggambarkan cowok-cowok dandy, flamboyan dan cocoknya buat lagu-lagu dengan tema ‘menggoda cewek’ gitu. Haha. Nah karena kali ini konsepnya bad boy, jadi rasanya kurang dapet gitu feel bad boy-nya. Untung aja mereka juga ada scene yang pake baju kasual (kaos+jeans belel) dan setelan item-item macam begal-mafia gitu, udah cocok lah menggambarkan ‘bad boy’-nya.




Walaupun aku rada kurang sreg sama kostum kasual Bambam yang loreng-loreng kayak macan itu. Pfftt~


Untungnya adekku, Youngjae,  kostum jasnya gak keliatan formal amat. Aku suka. Aku suka.

Alur cerita MV ini dimulai dari mas JBae yang jalan-jalan sendirian dengan gontai di depan sebuah pub/bar *ciehh, mentang-mentang udah cukup umur nih ye~*, dilanjutkan dengan Mark yang udah berjas rapi, tapi masih juga berjalan gontai di sebuah ruangan dengan lampu yang idup-mati kayak gak ikhlas. Udah gitu lampunya goyang-goyang lagi. Entah apa itu ruangan ada hantunya, atau gempa karena efek perasaan galaunya Mark, aku kurang tau.



Selanjutnya ada Jackson yang duduk dengan ekspresi galau juga di sebuah sofa *sorry, aku cuma ngecapture jamnya, siapa tau itu jam mahal yang kayak dipake salah seorang bapak pejabat *ehm* tempo hari*. Lalu ada Junior yang duduk bersandar di sebuah ruangan penuh lukisan-lukisan seorang cewek. Dia duduk dengan tatapan kosong sambil lempar-lempar bola bisbol.



Starlight Bar? Bar-nya fans VIXX nih? Bwakakkakk


Yugyeom dengan muka marah ngintip ke sebuah ruangan dengan tulisan 1704 di daun pintunya. Gak jelas siapa yang diintipnya.


Terus ada Youngjae yang berjalan dengan ekspresi marah juga di depan semacam daerah rawan bencana. Dia nyemprotin tembok pake cat semprot sepanjang jalan. Aku kurang tau lokasi syuting mereka, tapi aku rasa itu di salah satu tempat di US ya? Soalnya kan tempo hari mereka sempat foto-foto juga di depan graffiti om Chris Brown. CMIIW~

Err… Youngjae sayang, noona paling benci kalo ada orang yang coret-coret tembok kayak gitu, Dek~ vandalis itu namanya, kebiasaan yang buruk. Kamu kan bisa pinjam kanvas sama Junior kalo mau corat-coret begitu.




Selanjutnya ada mas Mark yang masih di sebuah lorong ruangan yang lampunya idup-mati kayak nunggak bayaran listrik gitu. Banyak yang nanya, kenapa cuman Mark yang gak keliatan marah di MV ini? Om Raymond Tuan, bapaknya Mark udah jawab, ‘Pernah gak liat Angel marah?’ Tsaahh~ tumben gak ngebuli anaknya.


Lalu ada Bambam yang duduk di sofa sambil pegang-pegang pemukul bisbol. Kali ini aku tau alasan Bambam marah, itu gegara bola bisbol-nya dimainin sama Junior kan? Lalu Yugyeom mungkin ngintip Junior yang ada di ruangan lukis itu buat nyari kesempatan ngambil bola bisbolnya Bambam. Ya ya, pasti begitu.


Jackson kesal *kali ini jangan tanya kenapa*, yah mungkin dia udah bosan kelamaan duduk di sofa jadi akhirnya memutuskan buat bangkit dan buka jasnya *ceritanya gerah*, trus dia mukul-mukul sansak tinju dengan gaya.



Lalu Youngjae muncul lagi, masih jalan-jalan sambil corat-coret rolling door ruko orang, trus dia nulis sesuatu yang daebak banget. BIT*H, SAY WHAA--? Aku syok. Aku gak pernah ngajarin nih bocah hal-hal gak bener. Dan ternyata itu terbukti dari coretan tulisan ‘BIT*H’-nya yang ternyata typo!! Haha. Sepenangkapanku, dia nulis ‘BITH’ gitu. Udah gitu dicoretnya lagi. Mungkin dia nyesal udah nulis kata-kata yang buruk. Hueheu, dia memang masih polos :3





Bambam udah gak di sofa lagi, dia nyeret tongkat bisbolnya ke sebuah mobil yang udah penuh coret-coretan cat semprot. Dia kesal karena mobilnya ada yang ngusilin (aku menduga ini ulah Youngjae). Bambam akhirnya malah menghancurkan kaca mobil itu dengan tongkat bisbolnya.



Jackson masih marah dan mukul-mukul sansak itu lebih intensif. Mungkin dia sebal karena pengennya bisa nampilin abs di MV GOT7 tapi belum kesampaian.



JB masih berjalan tak tentu arah. Dia melampiaskan kemarahannya dengan cara nendang-nendang rolling door dan juga kotak sampah.



Mark masih dengan muka kalem menjurus sadis masih terjebak di ruangan dengan penerangan darurat.


Kesimpulan cerita, kurasa akar kemarahan GOT7 ini adalah saling kesalahpahaman. Awalnya Junior marah gegara cat semprotnya ilang, dia jadi gak bisa mewarnai lukisan-lukisannya. Dan ternyata kita tau kalo cat semprotnya disalahgunakan Youngjae buat aksi vandalisnya, ya corat-coret itu. Youngjae corat-coret rolling door ruko orang, dan akhirnya kita tahu pemilik ruko itu adalah JB, makanya dia kesal dan nendang-nendang kotak sampah tak berdosa itu. Youngjae juga ngusilin mobil Bambam, jadi Bambam kesal dan malah ngancurin mobilnya. Gila gak tuh?

Yugyeom si maknae, ngira Mark pelakunya, jadi dia ngurung Mark di ruangan dengan penerangan darurat itu. Trus Jackson yang marah gegara Mark dikurung, akhirnya latihan dengan sansak tinju supaya bisa mendobrak pintu dan menyelamatkan Mark.

SELESAI.


BTW kesimpulan absurd ini hasil pemikiranku doang ya, jangan dianggap serius. Wkwkwkkwk. Inti cerita di MV ini sebenarnya emang menggambarkan kemarahan terhadap pasangan mereka yang egois dan gak menghargai perasaan mereka. Gitu. Ada suara cewek di sini dan menurut info, itu suara Lily M (artis JYP?).

Score
Koreografi  : Te O Pe begete. Walaupun menurutku gak sesulit koreo semacam Infinite, Shinee gitu, tapi aku suka banget. Gak ada gerakan-gerakan yang provokatif dan juga bagian footwork-nya… cihuyy~ berharap GOT7 bisa terus nyanyi live walaupun koreonya rumit gini. Yang pastinya bikin ngos-ngosan juga nih. 9/10
Vocal : Mau ngomentarin vocalnya Junior sama Yugyeom yang mengalami banyaaakk kemajuan. Mereka ini semacam lead vocals-nya GOT7 ya? Sementara JB sama Youngjae itu main vocals-nya. Aku suka suara Junior di lagu ini. Lembut gitu.
Kalo rap-nya Mark, aku merasa semacam nahan nafas, nih orang kok suaranya sekseh banget sih? Sayang part rap-nya dikit. Kalo Jackson gak usah diomongin lagi, selalu ‘Wild & Sexy’ pokoknya. Bambam juga oke. Walaupun dia pake baju kayak grup Trio Macan gitu, tapi sedikit teralihkan karena choker di leher Bambam, hehe. Aku suka part nyanyinya yang ‘Every day, every night, feels like a fool…’. Bambam-ish banget. 8/10
MV : Aku biasanya nilai MV berdasarkan tingkat kecocokkannya dengan lirik, jadi 7/10.
Lirik : Aku pribadi kurang suka lirik yang galon-galon, tapi karena ini lagu ear-catching, jadi aku kasih nilai 8/10.
Overall : 8

Sekian review-an GOT7-MAD dari saya, mohon maap kalo ada yang salah.

Kbye~
Ujen/박수잔

21.05 WIB, 20150929

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bagus reviewnya chingu xD
    ngomong2 kesimpulan absurdnya bener juga kok wkwkwk youngjae jahil juga ternyata,
    bias aku mark dikit banget munculnya di mv ini T_T
    terus baju bambam yang loreng itu emang agak emmm...xD mau ngasih kesan 'wild' kali yah hahah
    eh aku paling suka aktingnya dede yugyeom!! ekpresinya itu loohhh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku paling gak bisa liat mereka akting serius, bawaannya pengen 'menistakan' >.<
      Apalagi Youngjae, haha (paling enak menistakan bias).

      Nah, itu dia, sayang banget Mark jarang nongol di MV ini, kalo adapun, dia munculnya di ruangan gelap, aku jadi bingung mau capture gambarnya. Kegantengannya disia-siakan di sini *bwakk*

      Baju Bambam loreng-loreng itu jadi inget Real GOT7 season 3 ep. 3 yg mereka ada photoshoot pake piyama itu. Bambam jg pake baju loreng jadi dibilang kayak Rich Ahjusshi XD.

      Setuju!!
      Yugyeom ama Junior aktingnya bagus. Katanya Junior si Gyeom emang sekarang suka sook-sokan jadi aktor gitu di dorm, hehe.

      Makasih kunjungannya~

      Hapus
    2. wkwk iya bener banget xD kegantengan mark sia - sia dan dia juga gak ada akting marahnya sama sekali :v hoho harusnya lampu yang ada diatasnya itu meledak kek biar memberikan kesan amarahnya yg meluap gitu xD wkwk

      oh iya aku inget xD Rich Ahjussi~ tapi MV ini bajunya ketat gitu jadi kayak trio macan (mian dede bambam)

      Aaahh~ pantesaaann!! Ekpresi mereka dapet banget weehh!! Keren xDD

      Sama - sama chingu~ eh aku ijin re-post lirik indo nya ya di blog aku di http://farychan.blogspot.co.id/ :3

      Hapus
    3. Ya ya, Angel emang gak seharusnya marah kan? -kata om Raymond-

      Oke, silakan direpost liriknya~

      Hapus
    4. Tuntutan karakter itu xD

      Hapus
  3. Aq ngakak ketawa baca review nyaaa....papa tuan emang baikkk....kompak sm mark...mark uri bias my love kuuuuuu......😍😘😚hpku semua ttg mark...aq,suka style mark di mv mad...moga albumku mad cepet dateng....huhuhu hrz nunggu 2-4 minggu lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, bahagia bisa bikin chingu ketawa :D

      Yeah, Papa Tuan is the best idol's parent!!
      Seneng ya, Mark selalu ganteng kapanpun, puas deh chingu bisa mandangin Mark terus lewat screen hape >.<

      Hapus