Selasa, 15 September 2015

[Ina. trans] GOT7 Interview @ The Tudou Show 150902


















Notes : Sebenarnya udah dari kemaren-kemaren pengen nerjemahin video ini, soalnya ada banyak momen ‘pembulian’ si Bambam ㅋㅋㅋ . tapi gegara mau nyelesain ff GOT7 dulu, jadi nerjemahinnya ditunda.
Oh iya, di video ini, si Jackson gak ada (kalo gak salah masih syuting Law of the Jungle ya? CMIIW). Jadi cuma ada 6 member ; JB, Mark (memperkenalkan diri sebagai Tuan Yi En), Park Jinyoung Jr., Youngjae, Bambam & Yugyeom.


Ket :   Q : yang ngasih pertanyaan
            MT (Mark Tuan), JB, Jr, YJ (Youngjae), BB (Bambam), YG (Yugyeom)


Q : Kalian comeback setelah 7 bulan dari Stop Stop It, bagaimana sekarang?
JB : Kami banyak persiapan tentang comeback Just Right dan juga melakukan berbagai jadwal konser dan fanmeeting juga. Kupikir kami semakin dekat dengan fans.
Q : Perkenalkan lagu utama kalian, JUST RIGHT.
YG : Just Right adalah lagu dengan Southern Hip Hop beat yang ditulis JYP PD-nim. Lagunya tentang nenangin seorang gadis yang gak punya kepercayaan diri.
BB : Di kesempatan ini kami akan menjawab beberapa pertanyaan fans China. Ada beberapa pertanyaan yang membuatku penasaran walaupun aku tidak menerimanya secara personal (maksudnya gak khusus ditujukan ke Bambam).
JB : Kelihatannya bahasa Korea agak susah buat Bambam. Kenapa menyuruhnya buat jadi pemandu (di sini)?
BB : Bahasa Korea-ku sudah semakin baik.
MT : Dia MC.
JB & YJ : Yeah, MC Bam~
BB : Bahasa Korea tidak terlalu susah. Kupikir bahasa Thai jauh lebih susah.
JB : Oh, oke. Oke.
BB : Baiklah, aku mulai pertanyaannya, “Konsep kalian kali ini adalah konsep imut/cute. Siapa member yang paling bagus dalam aegyo?—“
YG : 1 2 3— (member langsung nunjuk Bambam)
BB : Tunggu dulu! (Bambam langsung terpilih). Member dengan aegyo terburuk? (rata-rata milih Yugyeom)
Q : Yang fans inginkan adalah battle aegyo antara dua orang ini.
JB : Lakukan ‘I dream a ghost’ lagi.
MT : Ahh, itu lagi terkenal di Korea (Mark ngecontohin aegyo dari tema itu). “Aku bermimpi~ aku mimpi hantu~” (gaya Mark unyu banget pas ngepraktekin aegyo ini)
BB : Lihat~ Mark hyung punya banyak aegyo.
Jr : Ayo, mulai dari yang bagus dalam aegyo (nunjuk Bambam).
BB : Baiklah, tapi aku tidak tahu apakah aku bagus dalam aegyo ini. (Mulai aegyo) “Aku~ bermimpi~ aku mimpi hantu~  (ekspresi member lain sepet, Bambam ngelanjutin) Menyeramkan~ aku bermimpi lagi setelah makan cheeseburger~ (dan Youngjae langsung ngedorong lengan Bambam, Bambam kejengkang di sofa trus JB ngebantu dia duduk yang bener lagi. Pembulian dimulai).
YJ : Oke, kita lanjut saja.
BB : Ayy~ kalau aku bagus, seharusnya kau bertepuk tangan.
(Selanjutnya giliran Yugyeom. Yugyeom punya banyak alasan buat nolak ngelakuin aegyo. Yugyeom ini emang paling ogah kalau disuruh aegyo, padahal dia kan magnae ya? Dia gak mau bertingkah sok imut. Jadi JB nyaranin Yugyeom buat ngelakuin aegyo dikiiit aja).
BB : Benar, cukup sampai “Aku mimpi hantu~”
MT : Sampai “Aku mimpi hantu saja”, selesai.
YJ : “Aku~ mimpi hantu~”
Jr. : Tidak perlu sampai ‘Cheeseburger…”
YG : Aku tahu. Aku tahu. Ahh, kekanakan sekali.
YJ : Wah~ si maknae~
BB : Maknae, lakukan.
YG : “Aku~ bermimpi~ Aku mimpi hantu~” (noona pengen cubit pipi Yugyeom~)




BB : Bukankah Yugyeom lebih baik dariku?
JB : Oh, aku pikir Yugyeom sudah berusaha yang terbaik.
Jr : Mulai sekarang, semua permintaan aegyo kita oper ke Yugyeom.
YJ : Benar. Versi Bambam terasa ‘kotor’ (wkwkwkk, Ngenes 2)
BB : Kotor apanya?
Jr : Karena permintaan ini susah bagi Yugyeom, ayo beri tepuk tangan buat Yugyeom (padahal Bambam di awal juga ngarep tepuk tangan, tapi gak ada yang tepuk tangan buat dia XD. Ngenes 3)
BB : Biasanya Yugyeom tidak mau melakukan aegyo (Bambam muji sambil tepuk tangan. Sportif dia meski dibuli mulu).
BB : Oke lanjut. “Semua member sudah memiliki pengalaman akting.”
YJ : Haha. Aku tidak punya~
 YG : Memang siapa yang punya?
BB  “Apa peran selanjutnya yang ingin kalian mainkan?” kita mulai dari Yugyeom, peran apa yang ingin kau mainkan?
YG : Aku ingin mencoba menjadi anak laki-laki yang polos dan murni di waktu musim panas.
BB :  Tempo hari kau juga berperan sebagai bocah polos dan murni kan?
YG : Tempo hari aku cuma melakukan akting ‘sihir’ seperti ini “Bang!” (ngomongin web drama mereka, DREAM KNIGHT) *semua member ketawa, Youngjae sembunyi di balik punggung JB karena dia ngerasa akting mereka waktu di drama itu konyol XD*
BB : Oke, aku mengerti.
JB : Bagaimana dengan Mark? Peran apa yang ingin kau mainkan?
MT : Aku… Cuma ingin ada di latar belakang.
Jr : Sebagai pohon?
MT : Bukan. Bukan pohon.
JB : Tupai?
MT : Ekstra. Cuma sebagai orang lewat…
BB : Semacam orang yang numpang lewat sambil megang ponsel?
MT : Atau seseorang yang mengendarai motor.
YJ : Cameo~
BB :Bagaimana dengan Junior hyung? Peran apa yang ingin dicoba?
Jr : Peran yang banyak lari-lari.
YJ : Polisi?
Jr : Penyerang. Berlari, dipukul, memukul orang dll.
BB : Bagaimana dengan Youngjae hyung?
YJ : Aku? Aku ingin mencoba peran sebagai Psikopat.
BB : Ohh, Pembunuh?
YJ : Iya, peran Pembunuh. Tapi bukan berarti aku ingin membunuh orang~
BB : Peran yang pertama kudapat juga rada mirip dengan Psikopat.
JB : Ah, kami tidak penasaran tentangmu (Ngenes 4)
Jr : Sekarang sedang giliran Youngjae, jadi Bambam, tolong diam (Ngenes 5)
YJ : Aku ingin mencoba peran yang memakai pakaian aneh dan ada bekas-bekas luka.
BB : Tolong tunjukkan pada kami aktingmu sebagai Psiko.
YJ : A-aku tidak benar-benar tahu tentang Psikopat (Jr udah siap nutupin muka Youngjae buat persiapan akting jadi Psiko). Tunggu dulu! Aku benar-benar tidak tahu. Aku tidak terlihat seperti Psikopat kan?
Jr : Akting diam saja. Itu sudah termasuk akting Psiko.
YJ : Ah? Begitu? (Youngjae langsung meraktekin muka Psiko)


JB : Kalau aku, aku ingin peran… begini, di antara murid di kelas, ada yang suka tidur kan?
BB : Sama seperti peran Mark hyung tadi?
JB : Iya, mirip. Tapi aku bukan orang yang cuman numpang lewat. Aku sebagai murid yang suka naroh kepalanya di meja dan tidur. Tahu kan?
BB : Tidak buruk juga.
BB : Oke, kalau aku, aku ingin akting seperti di film fantasi Narnia dan Harry Potter.
JB : Ah, peran jadi Ikan? (Ngenes 6)
BB : BUKAN~ Bukan jadi Ikan.
YG : Singa?
BB : Kalian tahu singa, Aslan di Narnia kan? Aku ingin mencoba peran seperti itu (Cuma jadi pengisi suara dong?)
JB : Tidak. Tidak. Aku pikir ini bakal bagus. Kau tahu semacam ada sihir, terus tiba-tiba air sungainya naik dan muncul wajah manusia-nya? Nah, Bambam bisa jadi manusia itu (Ngenes 7)
Jr : Yang pakai CG Effect itu? Yang ada layar hijau terus nantinya diedit?
BB : Yah pokoknya yang ada fantasinya. Tahu kan, peran seperti itu bisa membuat kemampuan akting kita meningkat? Karena kau punya daya imajinasi.
YJ : Ah, mentang-mentang ada pengalaman akting~
JB : Karena Bambam bisa melakukannya dengan baik?
BB : Ah~ tidak. Tidak~ *maksudnya gak mau nyombong*
BB : “GOT7 sudah debut 1,5 tahun, siapa member yang paling banyak berubah sejak debut?”
JB : Si Bambam!
MT : Ada di sini. Ada di sini~ 1 2 3 *semua kompak nunjuk Bambam*
BB : Tidak~
YG : Pertanyaan selanjutnya~
BB : Rasanya aku menua.
YJ : Kenapa Bambam berubah?
JB : Ah maksudnya imejnya berubah semakin cool.
YG : Dia jadi semakin manly.
BB : Ah, terima kasih *malu-malu*
YG : Walaupun dia berusaha terlihat manly, tapi ada saat di mana dia sangat cute.
JB : Ada banyak yang berubah dari Bambam. Kecuali betisnya yang tidak besar-besar.
MT : Tapi Bambam juga punya Penyakit Selebriti.
Jr : Karena dia berusaha untuk tampil cool, dia berusaha terlalu keras untuk itu.
BB : Apakah ini pujian?
JB : Cuma dia yang mikir begitu.
YJ : Apa ini pujian?
JB : Itu pujian.
YJ : Tampil cool juga penting. *gak tahu kenapa, Mark & Jr malah senyam-senyum sambil lirik Bambam*
YG : Next~
Jr : Apa yang aku bilang tadi sesuatu yang bagus *salaman sama Bambam*
BB : Ahh, penuh kebencian~
Q : Member mana yang paling beda dengan waktu kesan pertama?
BB : Youngjae hyung.
Jr : Ada sesuatu yang membuatku kecewa dengan Bambam. Waktu masih trainee, aku pernah menyuruh Bambam buat nyium pipiku. Tanpa ragu-ragu dia melakukannya.
BB : Waktu itu aku masih 13 tahun~
JB : Dia benar-benar melakukannya?
BB : Di pipi~ di pipi~
Jr : Waktu itu dia sangat menggemaskan, dan masih kecil. Aku bilang, “Bambam, cium hyung~” Dia benar-benar mencium pipiku.
YJ : Aneh sekali kau~ kenapa tiba-tiba?
BB : Waktu itu aku masih 13 tahun~
JB : Bocah 13 tahun tidak seperti itu.
BB : AAaaahh~
BB : Pertanyaan selanjutnya deh, “Apa peran masing-masing member di dorm?” Tolong gambarkan sesuai hubungan dalam keluarga.
(Di saat Bambam lagi ngomong ini, tiba-tiba Yugyeom ngelus-ngelus lengan Mark persis puppy)


YG : Bambam seperti saudara perempuan.
JB : Bukan, dia lebih kayak hewan peliharaan bagiku. (Ngenes 8)
BB : Baiklah~
(Jr ngepraktekin si ‘hewan peliharaan’ diangkat terus dijatuhin ke bawah. Ngenes 9)
BB : Mark hyung jadi kertas di dinding.
JB : Wallpaper?
BB : Wallpaper.
JB : Si Youngjae jadi patung hiasan.
YJ : Aku bukan patung hiasan~
JB : Ah, bocah ini kesannya seperti ahjusshi tetangga sebelah.
Jr : Waktu kami main game di dorm, bocah ini sibuk sendirian di sana.
YG : Dia gelandangan yang tidak punya pekerjaan.
JB : Ahjusshi pengangguran.
Jr : Yugyeom jadi ahjusshi pengantar pesanan.
YG : Ah, keterlaluan~
BB : Junior hyung jadi kecoa. Soalnya dia selalu sembunyi sepanjang hari :v (Semua pada ketawa, pertama kalinya Bambam balas dendam. Youngjae ketawa paling lepas, jadi Jr becanda nonjok-nonjok lengannya).
JB : Peranku sebagai ‘Vacuum Cleaner’.
YG : Benar~
BB : Haha, Vacuum Cleaner.
BB : Oke, itu tadi semua pertanyaannya. Kami bersenang-senang karenanya.
Jr : Semuanya, yang kalian lihat tadi ada kerja tim GOT7.
YJ : Bagus kan?
MT : Itu kerja tim kami yang nyata.

JUST RIGHT SKETCHBOOK, GO!
BB : “Gambarkan bagian tubuh atau poin menarik yang membuat kalian PD karena memilikinya.”
BB : Mark-sshi, kenapa kamu menggunakan krayon putih di kertas putih?
MT : Cantik kan? (aku gak ngerti Mark~ di mana letak cantiknya~)
JB : 1 2 3.
BB : Betis~
Jr : Pantat.
MT : Kenapa pantat? Ah ini bokong~
YG : Kita lanjut saja~
BB : Jr-sshi, kenapa ‘bokong’?
JB : Bokongnya benar-benar terbentuk.
YG : Berotot.
MT : Lentur.
Jr : Begini, member yang lain suka menyentuh bokongku. Semacam waktu aku berdiri, tiba-tiba ada yang nyentuh bokongku dari belakang—
MT : Itu aku.
Jr : Bocah ini juga *nunjuk Youngjae*. Yang ini juga *nunjuk JB*. Dia *Yugyeom*. Bocah ini juga *nunjuk BamBam*.
BB : Bukan aku. Aku tidak menyentuh bokong.
JB : “Jika aku perempuan, siapa yang tidak akan kusukai untuk dijadikan pacar?”
YG : Kupikir aku akan menulis ‘Bambam’ (Bambam mendengus geli). Aku belum menulis apapun~ (Yugyeom ngomong gitu tapi nunggu kode dari yang lain).

(Tiba-tiba setannya dateng, namanya Choi Youngjae. Dia ngasih kode Yugyeom buat nulis nama yang sama kayak yang ditulisnya. JB ketawa-tawa *dia mah pendukungnya Youngjae*. Yugyeom juga jadi ketawa tanpa suara, Mark juga lirik sambil senyum)

 

YJ : 1 2 3. *semua, kecuali Bambam tentunya ternyata pada kompakan nulis ‘Bambam’. Setan semua~ :v *
BB : Apa kubilang tadi? Hidup ini sangat susah~
MT : Tapi ada alasannya.
BB : Apa?
MT : Bambam terlalu…
JB : Terlalu feminin.
 MT : Dia suka bikin omongan-omongan gombal.
BB : Ah itu kan cuman buat bercanda~
MT : Aku pikir aku tidak akan seperti itu.
BB : Kalau nanti beneran pacaran, aku tidak akan begitu pada pacarku~
MT : (niruin gaya Bambam) “Ah, bau apa ini? Ini bau hatiku yang terbakar~” Dia bakal bilang seperti itu *tsaahh*
BB : Tidak~ aku tidak akan bilang seperti itu. Tapi mungkin begini, “Hei, ada sesuatu di wajahmu, dan itu hal bagus.”
YG : Kami paham~ sekarang diamlah.
BB : Aku memilih Kim Yugyeom.
JB : Kenapa?
BB : Soalnya dia terlalu polos. Kalian tahu kan?
YJ : Tidak. Aku tidak tahu.
MT : Tapi itu hal bagus.
BB : Tapi terlalu polos—
MT : Kalau itu cewek, maka itu hal bagus.
Jr : Katanya orang yang berjiwa polos itu cute. (Yugyeom melambung tinggi, sementara Bambam makin ciut)
BB : Dia tidak cute bagiku, dia suka menyentuh bulu ketekku.
Q : “Jika orang ini bisa mengubah satu kebiasaan ini, dia sudah cukup oke.”
Jr : Pilih Bambam. *Mark ketawa ganteng*
BB : Bukankah acara ini memang dengan sengaja menyerangku?
YG : Sangat menyenangkan menggoda Bambam, dia sangat cute.
YJ : Aku selesai, “Bambam-ah, tolong ingat namaku!” Ini menyedihkan karena member kami bahkan tidak mengingat namaku.
Jr : “Jinyoung-ah, berusahalah untuk lebih bisa mengendalikan emosimu!” (dia ngomong ke dirinya sendiri karena baginya member yang lain udah oke, gak ada yang perlu diubah)
JB : “Bambam-ah, tolong jangan bertingkah sok keren!”
BB : Kenapa selalu aku?~
BB : “Manajer hyung, berhentilah memakai hairspray-ku~” *bwakakakk*
YJ : Bambam banget~

Manajer hyung-nya GOT7 dan stylist noona (?)

Mnjr : Tidak akan kupakai lagi~ Nanti aku beliin kamu satu yang baru.
YG : “Bambam-ah, tolong ganti kebiasaanmu waktu mau meminjam baju.”
BB : Yah, selalu aku…
YJ : Kupikir ini adalah Hari Membuat Lawakan Tentang Bambam?
YG : Sebenarnya tidak masalah dia mau minjam pakaian, tapi kadang-kadang dia terlalu serakah. Kadang kalau aku tidak meminjamkan bajuku, dia bakal aegyo begini *gerak-gerakin tubuhnya sok imut*, “ Yugyeom-ah~” Terus dia berbaring di kasur dan ngomong, “Aku boleh pinjam bajumu?~”
JB : Kalau denganku, dia bakal blak-blakan, “Hyung, aku boleh pinjam ini?”
MT : Giliranku, “Youngjae-ya, Bambam-ah, berhentilah ngupil!” :v :v
YJ : Aku tidak mengupil~ Aku tidak mengupil. Tapi ini karena make up membuat hidungku gatal. Jadi aku suka garuk-garuk pinggiran hidungku. (Youngjae mungkin alergi make up, selain juga alergi bulu kucing dan udara dingin. Aku pernah baca katanya Youngjae ini ada penyakit rhinitis, jadi dia gak boleh kena dingin, nanti tubuhnya gatal-gatal).
BB : Kalau aku habis demam, jadi hidungku pilek. Dan karena lagi pakai make up, aku tidak bisa membuang ingusku.
Jr : Ini agak susah, tapi kadang-kadang kalian bisa lihat Bambam benar-benar mengupil seperti ini~ (Jr nunjukin cara Bambam ngupil)
YJ : Aku cuma garuk-garus sekitar sini, tapi dia benar-benar mengupil.
YG : Hentikan~ hentikan~ (si anak polos akhirnya gak tahan temen sekamarnya dibuli mulu). Kita akan mengakhirinya sampai di sini.
JB : Teima kasih untuk IGOT7 yang sudah mendukung kami, kami akan bekerja keras untuk album JUST RIGHT dan juga promosinya. Beri cinta yang banyak untuk kami. Sampai di sini, GOT7!~ Sampai jumpa~

21.35 WIB, 150914.

Ujen/박수잔

2 komentar:

  1. Wkwkwkwk seneng bgt nistain bambam :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sampe mikir, "Maknae line GOT7 ini harus kuat mental gegara dibuli mulu."
      Tapi aku gemes kalo hyungdeul udah meluk" maknaedeul. Apalagi Jr tuh.

      Hapus