Selasa, 17 November 2015

[Review] MV B.A.P – Young, Wild and Free + Indonesian translate lyrics






151115,
Aku gak tau gimana tanggal ini jadi salah satu tanggal bersejarah dalam sejarah perKpopan-ku. Rasanya terharu tiap kali inget kalo B.A.P akhirnya kambek setelah hiatus selama 1,9 tahun. Aku inget betapa suram setahun belakangan, begitu kabar soal B.A.P yang nuntut agensinya menyebar. Para penggemar B.A.P rasanya sedih banget. Apalagi kasus itu disebabkan ketidakadilan sistem pembayaran gaji mereka (sebenarnya aku gak mau lagi ngungkit-ngungkit masalah ini. Suram). Pokoknya, 151115 akan kuanggap sebagai sejarah baru kebangkitan B.A.P, semoga setelah semua yang udah menimpa B.A.P, OT6-ku, mereka bisa jadi lebih kuat, bebas berkarya dan semakin dikenal gak cuma di Korea, tapi juga mancanegara.

Di tanggal ini, B.A.P akhirnya merilis MV baru yang unik dari segi musik. MV ini dirilis tepat pukul 00.00 KST tanggal 16 November, setelah sebelumnya mereka mengadakan showcase dan dihadiri oleh Babyz yang memenuhi aula showcase dengan kepala alien kelinci bercahaya hijau, Matoki. Walaupun gak nonton secara langsung, aku bisa ikut merasakan suasana di sana. Para penggemar yang tetap bersemangat dan setia meneriakkan dukungan buat B.A.P, dan juga member B.A.P yang tetap kayak B.A.P yang dulu kukenal. Aku bangga mereka bisa tetap bersama dan tampil lagi dengan penuh kepercayaan diri. Bagiku itu udah lebih dari cukup buat saat ini. Salah satu grup terbaik, yang emang layak untuk selalu dapat tempat di hati penggemar setianya walau pernah vakum hampir 2 tahun. B.A.P, together we will be better, right?

Aku akan mencoba mereview MV ini menurut sudut pandangku. Dan sayang sekali karena di sini gak ada unsur koreografinya, jadi aku gak bisa nilai bagian itu. Tapi aku yakin koreografi mereka buat lagu ini bakalan ngasih feel semacam Warrior dan Power. Fierce and powerful.
Jadi aku akan mereview MV ini dari segi konsep/tema cerita, musik, kesesuaian dengan lirik dan juga vocalnya.

Okay, junbi sijak…

MV ini dimulai dengan monolog dari Himchan yang kira-kira menceritakan bagaimana kisah perjalanan mereka hingga sampai ke detik ini. Satu-persatu member B.A.P muncul dengan kostum jaket kulitnya. Begitu keenamnya muncul, mereka lalu berjalan bersama-sama.


Monolog :
Angin menderu seolah langit akan runtuh
Di antara kerja keras dan ujian tanpa akhir
Dunia yang tidak seperti yang kita inginkan
Seperti yang kita pikir kita kehendaki
Biar bagaimanapun, kita berpegangan tangan lagi
Kita berenam melangkah bersama
Jadi tidak akan ada satupun orang yang akan terjatuh
Kita siap berdiri sekali lagi
Muda, Liar dan Bebas
Akhir dunia dibuat dengan kisah kita


Lalu muncullah patung Aslan, si Singa Perkasa. Patung singa jantan ini terlihat berkuasa dan gahar, tapi tetap cute dengan sayapnya yang terbentang. Singa yang cute.

Member B.A.P berpose di bawah tugu patung itu.

Why lion? Karena Lion/Singa adalah simbol raja (hutan) --Aslan pun merupakan pemimpin negeri Narnia--  Jadi sesuai dengan jargon B.A.P, “The King is Back.” Betul?
(Tapi sebenarnya patung singa bersayap ini adalah simbol dari Mark the Evangelist.)



Setelah itu sebuah simbol yang bikin aku sakit mata nongol. Ow, *cough* mata satu, huh? Aku harap aku salah.

*edit* Setelah dilihat-lihat lagi, ternyata itu adalah sebuah gambar mulut+gigi, seolah-olah berteriak. Cocok dengan lirik “Shout, We Are Young, Wild and Free”-nya.



Scene beralih pada Daehyun yang sekarang ada di sebuah ruangan yang dipenuhi speaker raksasa, bersama Himchan dan Youngjae.





Jongup muncul di depan sebuah kandang singa betina. Lalu Himchan dan juga Zelo. Singa itu terlihat gahar juga (mungkin dia bertanya-tanya apa yang dilakukan para alien ketjeh itu di depan kandangnya).
Oh, lihatlah pose Himchan yang udah pas jadi pawang singa!!



Zelo mencoba gelantungan, lalu Himchan datang memarahinya. Zelo ngacir sebelum Himchan masukin dia ke kandang singa.


Daehyun terjebak di sebuah lingkaran (tata surya?) berupa kumpulan speaker yang ngambang di udara.


Yongguk ada di sebuah ruangan berlantai kuning-item. Lantainya penuh dengan tulisan yang berasal dari lirik lagu mereka.
"Blindly keep running looking around"





Youngjae mengelilingi sebuah peti lengkap dengan jenasah tertutup kain kafan di atasnya. Youngjae membukanya dan melihat ternyata jenasah itu merupakan duplikatnya (maaf, aku bukan lagi nulis sinopsis film horor).


B.A.P lalu bersenang-senang dengan cat. Mereka mengotori apa saja dengan cat.
Dan hei, siapa pelaku dan korban di gambar ini?? O.o



Mas Daehyun, jangan perlakukan adikku seperti itu~ .


Dua buah mobil yang jauh lebih ketjeh dari member B.A.P muncul. Sampai saat ini belum tahu siapa yang ada di balik kemudi setirnya. Mobil itu pamer bisa ngelilingin member B.A.P dengan gaya.



Lalu… WHUT?? Apa karena aku tadi muji mobilnya jadi sekarang kedua mobil malang itu dirusak??
Zelo, kamu harus menjelaskan masalah ini!


B.A.P bersama yang lainnya lalu mengibar-ngibarkan bendera simbol ‘Young, Wild and Free’-nya di bawah patung kepala kuda (dalam catur, kuda adalah simbol ksatria/prajurit/warrior). Mereka juga saling melempar serbuk warna dengan wajah penuh kegembiraan.



Jongup, seharusnya mingkem. Serbuknya jadi masuk mulut kan? Ckckck.

B.A.P, "Ayo semua itemin rambut kalian dan duduk dengan kaki dilipat. Tapi jangan kasih tahu Jongup."

Sehabis puas main-mainnya, waktunya B.A.P dandan lagi jadi orang-orang ketjeh dan duduk di singgasananya masing-masing.

Tamat.

Score :

Vocal, what can I say? Suara Youngjae yang lembut cocok banget buat lagu soul dan RnB. Daehyun & Jongup lebih cocok ke pop-rock . Rap Bang & Zelo udah gak perlu diperdebatin lagi. Oh, mas Himchan bisa gabung dengan Youngjae buat lagu genre jazz. Lagu ini udah lengkap dengan unsur pop-rock, hep-hap, RnB juga. Musiknya rame.

Cuman aku rada terganggu dengan autotune-nya Daehyun.
Kenapa? Suara Daehyun udah cetar tanpa autotune. Tapi emang buat lagu ini, lirik ‘We are Young, Wild and Free’ itu semacam selai yang nyangkut di pikiran. Susah buat diilangin. 8/10

Konsep MV dan liriknya beneran pas. Ada banyak simbol-simbol yang emang ngegambarin arti dari lagu ini. Thumbs up buat mas Yongguk yang emang keren kalo urusan bikin lirik lagu. Dalem dan jleb. 10/10

Lirik, so deep and meaningful. 10/10
Overall score : 9,3

Terjemahan bahasa Indonesia  lirik Young Wild and Free (by UJEN) :
[BYG] Yeah, aku maju seperti ini
[ZL] Yeah, B.A.P The King kembali
It’s goin’ like this Dope Boyz
[DH] Bahkan bila kau jatuh dan tidak sadarkan diri
Aku tak akan menyerah (tak akan menyerah)
[YJ] Tidak apa jika kau terluka
Oh, kau bisa melupakannya
[JU] Tidak masalah apa yang orang lain katakan
Lakukan saja apa yang ingin kau lakukan
Jangan khawatir dengan semua itu
Lakukan saja apa yang ingin kau lakukan
[YJ] Saatnya kita bangkit lagi
Jangan hentikan langkah kita
[ZL] Aku lakukan keinginanku, kau lakukan keinginanmu
[HC] Segala bentuk ketakutan, menjauhlah
[ZL] Aku lakukan keinginanku, kau lakukan keinginanmu
[HC] (teriak) Lebih keras, lebih keras, lebih keras
[DH] Kita Muda, Liar dan Bebas
[ZL] (Hei, aku tahu bersama akan lebih baik, WHUT)
[YJ] Bahkan bila kesulitan serupa datang, kau tidak bisa menghentikan kami
[DH] Kita Muda, Liar dan Bebas
[ZL] (Hei, aku tahu bersama akan lebih baik, WHUT)
[JU] Bahkan bila matahari terbenam dan kegelapan datang
Tetaplah berlari hingga akhir
Teriakkan [DH] Muda, Liar dan Bebas
[BYG] Bahkan walau dengan merangkak, aku akan berdiri
Waktu mudaku hanya sekali
Tetap lihat sekeliling dengan mata buta (cuek)
Masa mudaku akan berkembang, kobarkan
Aku berteriak, “Aku yang terbaik. Jalanku adalah puncak”
Tanpa luka, tanpa keberhasilan, camkan itu
Aku adalah luka yang bernama kafein
[YJ] Saatnya kita bangkit lagi
Jangan hentikan langkah kita
[ZL] Aku lakukan keinginanku, kau lakukan keinginanmu
[HC] Segala bentuk ketakutan, menjauhlah
[ZL] Aku lakukan keinginanku, kau lakukan keinginanmu
[HC] (teriak) Lebih keras, lebih keras, lebih keras
[DH] Kita Muda, Liar dan Bebas
[ZL] (Hei, aku tahu bersama akan lebih baik, WHUT)
[YJ] Bahkan bila kesulitan serupa datang, kau tidak bisa menghentikan kami
[DH] Kita Muda, Liar dan Bebas
[ZL] (Hei, aku tahu bersama akan lebih baik, WHUT)
[JU] Bahkan bila matahari terbenam dan kegelapan datang
Tetaplah berlari hingga akhir
Teriakkan [DH] Muda, Liar dan Bebas
[YJ] Jika kita bersama, kita bisa melakukan apa saja
Mari mengukir sejarah
[ZL] Muda, Liar dan Bebas
Raihlah kepercayaan diri
Kita akan melakukannya, ini bukanlah akhir
Kau harus menghancurkan praduga untuk mengetahuinya
Ayo, melangkah saja seiring waktu berlalu
Masa muda kita akan berkembang, kobarkan
[DH] Kita Muda, Liar dan Bebas
[ZL] (Hei, aku tahu bersama akan lebih baik, WHUT)
[YJ] Bahkan bila kesulitan serupa datang, kau tidak bisa menghentikan kami
[DH] Kita Muda, Liar dan Bebas
[ZL] (Hei, aku tahu bersama akan lebih baik, WHUT)
[JU] Bahkan bila matahari terbenam dan kegelapan datang
Tetaplah berlari hingga akhir
Teriakkan [DH] Muda, Liar dan Bebas

151117, 17.23 WIB

Ujen (박수잔)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar