Minggu, 29 November 2015

[Ciap-Ciap] Let’s Talk About Shining Moon, Jongup






He’s my ultimate bias in Kpop world, B.A.P’s main dancer, Moon Jongup. Si Shy Boy yang semakin bersinar di album MATRIX kali ini. Ketika pertama kali nonton showcase mereka di V App, aku syok ngeliat Jongup yang punya banyak line nyanyi yang bahkan setara dengan Daehyun dan Youngjae. Aku sampe terharu ketika ada non-babyz yang bingung siapa sebenarnya main vocal di B.A.P, karena tiga orang itu (Daehyun, Youngjae dan Jongup) punya jatah nyanyi yang sama dan punya suara yang bagus semua :’) . Ada begitu banyak komentar video performance mereka, khususnya di lagu Take You There yang memuji kalo Jongup adalah member yang paling banyak berimprovisasi dan mengalami kemajuan.

Aku ingat ketika beberapa waktu lalu ada artikel di pann-choa yang melist daftar idol yang gak bisa nyanyi dan Jongup & Himchan ada di listnya, aku semacam, “Nih orang gak pernah denger lagu selain title track B.A.P kali ya?”. Heol, Himchan punya suara berat yang kece kok, contohnya lagu Coffee Shop. Sementara Jongup bahkan sejak lagu Dancing in The Rain which is rilis di tahun mereka debut, 2012, dia udah punya line yang lumayan dan suaranya juga, walaupun gak bisa dikategorikan powerful kayak suara Daehyun dan unik kayak suara Youngjae, tapi dia punya jenis suara yang lembut, selembut pribadinya yang pemalu. Mungkin waktu itu TS memang memfokuskan Jongup sebagai main dancer, jadi dia gak dikasih jatah nyanyi yang banyak untuk menjaga stabilitasnya sebagai dancer utama B.A.P.

Tapi… setelah B.A.P semakin banyak mengeluarkan album, mungkin TS akhirnya sadar kalo Jongup punya kualitas suara yang gak bisa dianggurin gitu aja. Walaupun dia gak dapet jatah yang banyak di lagu utama B.A.P (karena emang mayoritas lagu B.A.P itu isinya rap dan nada tinggi yang garang dan juga hep-hap), tapi dia punya banyak jatah di lagu bergenre slow. Yang paling fenomenal ketika album 1st Sensibility rilis, ketika TS ngeluarin teaser sound buat masing-masing lagu di album itu, orang-orang semacam, “SIAPA TUH YANG NGEHIT HIGH NOTE DI LAGU BODY AND SOUL???” Daaann, voila, he’s my (virtual) baby brother, Moon Jongup.
Bisa bayangin, seorang main dancer yang diremehin kualitas suara nyanyinya ternyata bisa ngehit nada tinggi layaknya main vocal?? Bisa kan?

Memang sih, ada beberapa main dancer grup lain yang bisa nyanyi dengan baik kayak Taemin SHINee, INFINITE Hoya, BEAST Kikwang dll. Tapi… mungkin sejak awal mereka udah banyak dukungan. Sementara Jongup, yang grupnya berasal dari agensi kecil terkesan underrated di antara mereka. Banyak orang yang masih gak tau kalo dia dari grup mana. Aku bersyukur juga ketika TS akhirnya kembali membuat kesepakatan dengan B.A.P, B.A.P semacam diberi ruang lebih luas buat mengeksplorasi kebebasan membernya. Di MV Young, Wild and Free pun, logo TS yang biasanya ada di awal MV, kali ini ada di bagian akhir. Aku harap ini sebagai sinyal yang bagus buat B.A.P. di album MATRIX, BYG diberi kesempatan memproduseri seluruh lagu, Jongup dan Zelo diberi kesempatan menciptakan koreo lagunya (Jongup lagu Take You There dan Zelo di lagu Be Happy). Jangan lupa Daehyun, Himchan dan Youngjae yang tentunya semakin solid suaranya di album ini.

Ah, jangan lupakan ketika akhirnya B.A.P ngupload dance practice! Bukannya serius ngikutin ritme lagu, alien-alien gila ini malah pecicilan ke sana- kemari. Cuman BYG yang anteng dari awal sampe akhir dan mungkin juga Jongup. Tapi di ujung video dance practice mereka di V App, Jongup akhirnya kembali ‘sadar’ dan sibuk dalam dunianya sendiri. Kalo kata fans, “Jongup just being Jongup.” Saking saktinya keasburdan nih bocah, fans internasional punya kata sifat baru buat dia, yaitu ‘jongup’ yang artinya, Jongup dikategorikan normal kalo dia bertingkah absurd di mata orang lain. Dia emang dikenal sebagai salah satu idol yang punya sifat 4D alias alien. Komentar member B.A.P dan dari video-video mereka juga ngebuktiin kalo Jongup ini semacam makhluk spesial karena dia terlihat kalem dan canggung di depan kamera, tapi adaaaaa aja kalimat ataupun tingkahnyaa yang bikin orang gemes karena dia asik di dunianya sendiri.

Haha, segini aja dulu deh ciap-ciap tentang Jongup-nya. Lama-lama aku bisa ikutan makin absurd gegara bocah ini. Ke depannya aku harap dia semakin absurd (?) jadi aku bisa punya banyak alasan buat ‘menistakannya’.

Moon Jongup, I lovehate you. ㅋㅋㅋㅋ
Keep being absurd!



151128, 20.34 WIB

Ujen/박수잔

Tidak ada komentar:

Posting Komentar