Sabtu, 11 April 2015

[CIAP-CIAP] My SoS (Siblings on the Screen)


Heuheu, sebenarnya ini adalah sebutanku buat bias-biasku.  Karena udah terlalu mainstream kalo disebut idola, bias dsb, jadi aku sebut aja mereka SOS (Siblings on the Screen).



Dimulai dari sejarah aku mulai menggemari Kpop, itu sekitar tahun 2009, waktu itu drama Boys Before Flowers (BBF) lagi booming banget di sekolahku. Tapi sampe sekarang, aku malah belum pernah nonton drama legendaris itu  secara utuh dan malah lebih tertarik sama OST-nya XD. Jadilah aku mulai kepoin grup-grup dan lagu-lagu di BBF. Aku ingat itu pertama kalinya aku mulai rajin beli tabloid GAUL, KEREN BEKEN dsb yang lagi bahas artis-artis Korea. Padahal waktu itu tahun 2010, aku seharusnya mempersiapkan diri buat UN, tapi aku malah kena demam Hallyu. Halah. Waktu itu aku suka Super Junior dan SHINee. Mulai nyari oppa-oppa yang paling kusukai. Dan nama Lee Sungmin keluar sebagai pemenangnya (awalnya gegara tanggal lahir kami yang sama, 1 Januari). Trus ngumpulin piku-piku dan gambarnya.

Tahun 2011, aku mulai melirik B1A4 dan langsung kecantol sama Cha SunWoo alias Cha Baro alias Manusia Tupai. Dia satu-satunya member B1A4 yang bergoldar B, sementara yang laen A. Mukanya imut banget, ditambah dua gigi depannya yang kayak gigi tupai gitu. Aihh, bikin gemes. Aku mulai kepoin B1A4 dan berangsur *ehm* meninggalkan SuJu. Mianhae~

2012, B.A.P debut! Awalnya aku gak sreg gitu liat mereka. Kupikir, ‘Ah, paling style-nya niru-niru BigBang nih.’ Tapi, waktu gak sengaja baca artikel mereka di tabloid, waktu itu jaman Power, aku berubah pikiran, ‘Wah, keren nih konsepnya, alien-alien gitu.’ Mulailah aku kepoin B.A.P dan yep, langsung kecantol sama Moon Jongup begitu liat style-nya di MV Power. Dan.. Jongup jadi bias pertama yang awet aku kepoin sampe detik ini. Baru pertama kalinya juga aku ngefan sama artis Kpop yang usianya lebih muda dariku. Tapi karena emang dari awal aku gak pernah punya ‘suami’, ‘nampyeon’, ‘namchin’ de el el di dunia Kpop, aku langsung deklarasikan Jongup sebagai adekku. Dari sinilah aku mulai bikin istilah SoS alias Siblings on the Screen. Karena, yah… mereka cuma bisa kuliat lewat layar PC.hape doang. Dan rata-rata, artis Kpop yang pernah dan masih kujadiin bias itu punya banyak kesamaan satu sama lainnya. Salah satu fakta menakjubkan juga, tanpa disengaja, aku biasanya langsung ngerasa klop sama orang yang kutunjuk sebagai bias (di detik pertama aku ngeliatnya) trus ternyata mereka punya goldar yang sama kayak aku, B. Mungkin karena itu juga aku ngerasa lebih cocok ngebiasin mereka.



Walaupun kesannya aku sering banget gonta-ganti bias, tapi sebenernya gak ada yang bener-bener aku kepoin secara dalam kecuali Baro dan Jongup. Apalagi dari mulai 2012 sampe sekarang, bagiku ultimate bias/SoS-ku cuma satu, Moon Jongup doang. Yang laen posisinya berubah-ubah. Dan akhir-akhir ini, sepertinya Winner Kang Seungyoon dan GOT7 Youngjae seolah berlomba supaya aku pungut jadi SoS-ku. Tapi kayaknya aku lagi prefer ke Youngjae-nya, soalnya kesamaan dia dengan adekku tercinta, Moon Jongup lebih banyak.

Aku akan bahas satu-persatu SoS-ku. Dan karena aku punya 5 sodara cowok (they are all older than me), jadi aku akan bahas The Big 5 SoS-ku dimulai dari:

5.      INFINITE Nam Woohyun (우현)

Ehm, sebenernya aku gak begitu ngikutin perkembangannya INFINITE, tapi gegara ada satu close mate-ku yang (pernah) ngefan sama mereka, jadi sedikit banyak aku jadi tau boyband satu ini. Dia ngaku jadi bininya L Myungsoo. Aku, yeah, aku berubah-ubah. Awalnya suka Sungjong, trus Sungyeol (dan langsung ilfil begitu liat mereka berdua ngecover dance Trouble Maker :v ). Ujung-ujungnya jadi suka Woohyun gegara nonton Sesame Player-nya. Woohyun itu sumveh, jail banget. Sama kayak Sungyeol sih ya. Makanya mereka keliatan klop banget. Woohyun itu main vocal, aku suka tipe-tipe suara kayak Woohyun. Gentle but manly gitu dah. Dan dia itu keliatannya bluff, tau kan, semacam kePDan banget, narsis, dan mencintai diri sendiri. Haha. Gak papa sih ya kalo ganteng :p dia kelahiran 1991, jadi dia kujadiin orabang (kakak) tertua dalam SoS-ku.

4. BLOCK B Park Kyung (박경)

Nah, kalo orabang-ku satu ini awalnya gak sengaja dipungut :v. Tempo hari aku lagi bingung nentuin SoS di grup yang baru narik perhatianku sejak jaman Nilili Mambo ini. Awalnya aku suka Zico, terus U Kwon dan B Bomb, akhirnya malah si muka timun Kyung. Temenku yang fan-nya INFINITE tadi udah duluan ngefan Kyung. Aku sering becandaan gitu, ngejekin dia Si Muka Timun. Eh, ujung-ujung malah aku ikutan suka sama Kyung *makan karma* aku suka Kyung sejak liat variety show mereka, dia ini semacam Woohyun juga, bahkan keliatan lebih somvlak dari Woohyun. Apalagi kalo udah gabung sama Zico (ZiKyung mode on), kompak banget deh mereka, terutama pas lagi ngejailin Taeil. Padahal taeil itu hyung tertua di Block B. Ckckck.

3. B1A4 Cha Sun Woo/Baro (차선우/바로)

Ini…. Sejak pertama mereka debut, B1A4 emang udah maling perhatianku. Gaya mereka yang imutnya keterlaluan tapi gak berasa *maaf* kayak bencong jadi daya tarik mereka. Salah satu hal yang bikin mereka unik di mataku tuh karena ternyata semua member-nya gak ada yang berasal dari Seoul. Jadi semuanya berasal dari luar Seoul atau dengan kata lain, anak daerah. Jadi mereka tuh kayak keliatan polos-polos banget gitu. Dan sampe sekarang *CMIIW* setauku cuma ada dua member yang punya tindik telinga (Baro & Jinyoung), yang lainnya masih gak ada tindiknya. Bagiku, idol Kpop tanpa tindik itu poin plus, aku kagum sama mereka yang gak berniat tindik telinga, tapi sayangnya, semua SoS-ku punya tindik ..  Rasanya pengen aku cooption anting-anting di kuping mereka, wong aku yang cewek (?) aja gak pake anting-anting kok. Wkwkwk~

Oke, balik lagi ke Baro, kenapa aku ngasih dia julukan Prince Squirrel (Pangeran Tupai)? Karena emang itu julukannya :v
Sebenarnya Baro emang pantes kok dijuluki Tupai, dia punya gigi depan persis tupai, matanya bulat, tingkahnya gak bisa diem. Liat aja di mv OK, Beautiful Target. Cuman aku terpesona sama orabang satu ini pas ngeliat dia jadi model mv B1A4 yang Only Learned Bad Things (OLBT). Makkk, dia unyu banget di sini!!!~ aku sampe lupa kalo umurnya lebih tua dariku (dia line 92, tepatnya 920905, sedangkan aku line 93). Dia ini termasuk lamaaa juga aku jadiin SoS, sebelum B.A.P menyerang :v

Ada salah satu temenku yang lain bilang, entah kenapa dia punya kecenderungan meninggalkan grup yang awalnya nugu (gak terkenal) trus mendadak jadi banyak fan-nya, dan kayaknya aku juga gitu :/ pas awal-awal ngefangirling B1A4 tuh rasanya ceria banget. Aku selalu rajin ngelike dan komen di fanpage-nya. Tapi makin lama B1A4 makin banyak fan-nya, aku justru ngerasa jenuh. Call me lebay, labil or everything, but this is the real feeling when I noticed I didn’t really get excited anymore about them. Padahal aku cukup lama rajin ngikutin info mereka, sampe kira-kira Baro ikut main drana Reply 1994. Aku sempat ngerasa senengggg banget! Gak nyangka SoS-ku akhirnya debut acting. Aku bela-belain ngabisin paket modemku demi bisa donlot drama ini, demi bisa liat acting Baro. Aku bangga dia terlihat kayak udah pro. Tapi entah kenapa setelah itu, aku ngerasa mulai jenuh dengan B1A4, bahkan aku gak punya temen sesama BANA (fan B1A4) di akun sosmed-ku. Walaupun aku masih donlotin MV terbaru mereka, aku udah gak lagi donlot lagunya, kecuali lagu utama.

2. GOT7 Choi Youngjae (최영재)

Dia ini… ehm, baru aku pungut beberapa hari lalu. Sebenarnya aku udah noticed dia sejak nonton video pas dia, B.A.P Daehyun, VIXX Leo dan BTOB Eunkwang nyanyi Mirotic-nya TVXQ. Kesan pertama liat Youngjae, kupikir dia seline dengan Daehyun atau gak B.A.P Youngjae (93-94) gitu, ternyata dia line 96!!! OMG~ dia keliatan lebih dewasa dari umurnya dengan setelan jas gitu :3

Begitu denger dia nyanyi, jujur menurutku suaranya lebih powerful dari Eunkwang dan Leo (maaf buat fans Eunkwang & Leo, aku cuma ngomong apa yang aku pikirin, lagian ini ciap-ciapku, kalo ngerasa gak suka atau apa, nganggap aku mengada-ada, silakan minggat dari blog ini).  Menurutku, dan juga temen-temenku yang waktu itu nonton video ini rame-rame, Leo & Eunkwang itu semacam maksa banget ngegapai nada tingginya. Kasian aja sih ngeliatnya. Aku gak tau apa di grupnya, mereka berdua juga kebagian nada-nada tinggi, tapi pas perform Mirotic itu, suara mereka jadi gak harmonis dan cuma kedengaran kayak lomba nggapai nada tinggi doang. Sekali lagi, ini menurut aku dan temen-temen. Suara mereka emang bagus (karena itu kan mereka jadi main vocal di grup masing-masing), Cuma kalo urusan nada tinggi, kayaknya mereka masih harus banyak latihan. Jadi inget Weekly Idol BTOB, waktu suara Eunkwang ‘keseleo’ pas disuruh MC Doni ngehit nada tinggi.

Balik ke Youngjae, sebenarnya, to be honest, aku belum pernah denger lagu-lagunya GOT7, tapi gak tau kenapa, aku semacam addicted sama suaranya Youngjae. Dan akhirnya aku (yang emang mudah penasaran ini) langsung googling fakta-fakta Youngjae. Baru kali ini aku demen sama seorang idol bahkan sebelum liat MV atau denger lagunya. Perkenalan yang aneh >.< padahal dua episode  GOT7 waktu ke Weekly Idol, entah kenapa part-nya Youngjae selalu di-cut. Nyesek banget rasanya. Kata temenku yang udah lebih dulu kenal GOT7 (dia ngaku sebagai bininya Mark XD), Youngjae itu pendiem banget, dia dikenal sebagai ‘Angel among Devils’ alias ‘Malaikat di antara Setan-setan’ :v

Jadi, apa yang bikin aku akhirnya mutusin buat ngenal dekat *halah* dan ngejadiin Youngjae sebagai SoS-ku? Salah satu alasannya ya karena dia terlihat misterius banget, pendiem, easy going (kata temenku, dia ini manut aja dibuli hyungdeul-nya di GOT7) dan menurut fakta yang aku baca, Youngjae ini thoughtful banget, dia bilang kalo punya kesempatan, dia pengin jadi relawan di Afrika (sama kayak Bang Yongguk dong?), aku suka tipe-tipe yang humanis begini :3

Pokoknya untuk sekarang, Youngjae aku masukkin dulu deh sebagai The Big 5 SoS-ku. Aku masih butuh ngenal dia lebih jauh. Btw, aku ngerasa ketertarikanku sama Youngjae sama kayak ketertarikanku ke Jongup. Mereka sama-sama dikenal dengan pribadi yang baik hati oleh temen-temen di grupnya, terlalu baik (bahkan terlampau naïf), polos, easy going, enak buat dibuli dan… sama-sama dianggap yang paling jelek di grupnya :v

1.      B.A.P Moon Jongup (문종업)

Sebenarnya aku pengin bikin satu postingan khusus Jongup. Soalnya dia ultimate bias-ku di dunia Hallyuwood, ㅋㅋㅋ. Awalnya bias aku di B.A.P itu Yoo Youngjae, trus Daehyun, dan sekarang jadi Jongup. Bukan karena aku labil, tapi… emang labil :v


Waktu itu kan ceritanya masih tahap perkenalan dengan B.A.P, pas liat MV Warrior, aku suka Youngjae karena dia keliatan keren dengan rambut blonde itu, si Jongup belum keliatan dengan jelas. Aku bahkan belum ngeh kalo yang ngelakuin b-boy dance di MV itu ternyata Moon Jongup. Baru pas liat MV Power, aku langsung berasa ‘Oww’ begitu liat si sipit berambut dark-brown yang ternyata doyan banget senyum ini. Fitur mukanya unik, katanya sih gak ganteng, tapi menurutku dia ini manis, mukanya khas Korea (ngeliat foto jaman dia orok-balita-predebut, aku yakin dia gak oplas), mukanya lebar tapi dagunya tajam, tulang pipinya tinggi (sampe dibilang nyimpen telur di pipi), matanya sipiiiitt banget-nget (pas dia senyum, matanya langsung raib :v), hidungnya tajam dan ada tai lalat di sisi kiri hidungnya (menurut fans, itu cute), bibirnya gak terlalu tipis tapi semacam cherry blossoms feel. Pokoknya khas muka orang korea gitu. Bakatnya dance, dia jagi banget b-boy dan crumping. Tapi akhir-akhir ini, suara dia pas nyanyi juga makin bagus. Semacam campuran suara Daehyun-Youngjae. Aku paling excited itu pas tau dia bisa negapai nada tinggi di lagu Body & Soul, dia bahkan pernah ngecover nada tinggi Daehyun di lagu Punch pas konser di LOE Paris 2014. Secara, dia main dancer, yang biasanya gak terlalu diharapkan bisa nyanyi bagus, tapi ternyata Jongup ini one of the kind. Dia bisa nyanyi, rapp, dan juga jago ngedance. Sayangnya, dia belum dapet spotlight selama 2 tahunan promosi B.A.P. Jadi aku harap begitu B.A.P udah ada agensi baru dan comeback (aamiin), Jongup dikasih kesempatan buat nunjukin talent dan kharismanya. Yeahh~


Rasanya pengin cerita lebih banyak tentang SoS-ku, tapi takutnya postingan ini makin panjang, jadi aku tutup dengan beberapa fakta kece tentang kesamaan SoS-ku.

*Semua SoS-ku bergoldar B (padahal aku gak pernah berniat khusus nyari bias yang bergoldar B lho~)

*Dikenal sebagai pribadi yang humoris dan easy going

*Woohyun dan Jongup sama-sama lahir di bulan Februari

*Baro dan Youngjae sama-sama lahir di bulan September

*Kyung dan Baro sama-sama rapper

*Semua SoS-ku kecuali Kyung punya posisi MAIN di grupnya (Woohyun & Youngjae main vocal, Baro main rapper & Jongup main dancer)

*Jongup dan Youngjae sama-sama anak bungsu dari tiga bersaudara

*Jongup dan Youngjae sama-sama dianggap member yang paling gak ganteng di grupnya *LOL*, biasanya mereka selalu ditempatkan di posisi terakhir urusan ranking terganteng di grup

Haha, kayaknya inilah ciap-ciap terpanjang yang pernah kutulis, tapi rasanya masih butuh banyaakk postingan buat ngebahas mereka (terutama Jongup & Youngjae) di kemudian hari. Mohon maaf kalo ada yang tersinggung dengan bacotan yang kutulis, karena sifatku itu straightforward, jadi aku cuma ngomong apa yang aku pikirkan secara langsung. Aku gak bermaksud fanwar Karena aku ini Pacifist (cinta damai).

Akhir kata, K’bye, 안녕하세요~^^

-박수잔,  150413, 20.26 WIB.

2 komentar:

  1. wahh.. jd ini toh the Big 5 nya Ujen, daebak Youngjae lgsg berada di posisi k-2 stlh Moontos... pdhl dy baru jd bias ujen kn ya ^^ Chukkaeyo bwt Big 5. ngomongin soal labil, eon jg labil.. Bias eon nambah terus. tp tetap suka sm bias yg lama sih. @Ahn CheonSa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..
      Aku baru buka inbox blog-ku, jadi komentar eonni baru kebaca.. Mian~

      Yep yep, aku jg gk nyangka kenapa Jjae bisa langsung di posisi kedua,
      menggeser Baro dan Park Kyung. Mungkin karena personality-nya yg
      paling mirip Moontos dibanding yg laen. Kalem" muka gampang dibuli.
      ㅋㅋㅋ
      btw, thanks for visit my blog <3

      Hapus