Rabu, 19 Agustus 2015

[Ciap-ciap] NOSTALGILA

Nostalgila...



Ceritanya bikin postingan ini gegara gak sengaja nemu baju olahragaku jaman SMP di dalam lemari baju di antara pakaian milik amakku. Aku kaget ngeliat baju olahragaku itu masih amat sangat terawat dengan baik. Belum ada jahitan yang lepas, sablon tulisan nama SMP-ku juga masih jelas. Buat urusan simpan-menyimpan barang, amak emang patut diacungi jempol. Tapi lain halnya dengan urusan uang *pundung*. Aku mungkin gak bakal kaget kalau-kalau suatu saat bakal nemuin kain gendonganku waktu masih bayi di suatu sudut di rumah.

Jadilah aku mendadak nostalgila dengan masa-masa SMP (kalau dihitung-hitung, udah sekitar sewindu sejak aku lulus SMP). Sewindu, makk!! Delapan tahun!~ Aku bener-bener ngerasa waktu berlalu terlalu cepat. Ada banyak momen absurd dan gila yang terjadi di masa itu. Aku ingat dulu waktu masih kelas 2 SMP, aku pernah ketangkep basah (?) baca buku nista di dalam kelas. Saat pelajaran Matematika! Tahu sendiri kan gimana imej seorang guru Matematika yang dominan kita ingat? Rata-rata dikenal sebagai guru killer yang gak segan ngehukum murid yang ngelanggar aturan. Mau itu cewek ataupun cowok. Meski gak semuanya sih, tapi sebagian besar emang sama. Gak tahu kenapa bisa begitu. Mungkin bawaan waktu masih menuntut ilmu di bangku kuliah? Mumet liat angka-angka? Jadinya tensi darah naik drastis gitu? Yahh, karena aku emang bukan pengamat pendidikan, jadinya aku cuma bisa ngira-ngira.

Jadilah buku nista itu diambil oleh sang Guru. Aku udah cemas dan jantungku deg-degan berasa kayak mau buang hajat di tengah jembatan Ampera. Udah pasrah aja nunggu hukuman apa yang kira-kira bakal aku terima. Tapi nyatanya sang Guru cuma senyum miring alias menyeringai terus langsung melengos gitu aja, dengan buku nista terkutuk itu di tangannya. Pelajaran dilanjutkan kayak gak terjadi apa-apa.

Begitu pelajaran selesai, aku berniat minta maaf ke sang Guru dengan mendatangi mejanya di kantor. Aku sengaja milih waktu akhir-akhir jam istirahat karena di saat-saat itulah biasanya suasana kantor entah kenapa sering sepi. Beruntungnya, sang Guru ada di bangkunya. Aku langsung menghampirinya dan tanpa basa-basi langsung minta maaf dan minta buku nista itu dikembalikan. Karena buku itu hasil pinjaman dari temanku yang tidak mau disebutkan namanya. Setelah pemikiran dan pertimbangan yang alot, akhirnya aku berhasil mendapatkan maaf tapi tidak dengan buku itu. Buku itu masih ditahannya dengan alasan BB (barang bukti). Please lah, aku bukannya menyelundupkan narkoba atau senjata tajam ke sekolah. Itu cuma buku!! Sebuah buku nista yang kalau lagi pelajaran bahasa Indonesia mungkin gak akan dianggap nista. Dengan sangat terpaksa akhirnya aku menyerah dan berharap buku itu bisa dengan secepatnya kembali ke pemilik sah-nya.

Besoknya, aku kembali ‘menagih’ buku itu ke sang Guru. Tapi beliau bilang buku itu tertinggal di rumahnya. Kalau sudah begini, aku yakin sampe aku tamat SMP pun aku gak bakal lagi bisa ngeliat wujud si buku nista. Padahal aku bahkan belum ngucapin salam perpisahan yang baik dengannya. Karena ngerasa gak enakan juga, akhirnya aku bilang ke temanku buat ganti rugi aja buku itu. Tapi temanku menolak, katanya buku itu bonus dari sebuah majalah, jadi dia udah ikhlasin. Betapa mulianya~

Mungkin kalian penasaran dengan judul buku nista pembawa petaka itu. Sebelum aku kasih tahu judulnya, aku mau minta maaf dulu sama mendiang pakdhe Shakespeare yang udah susah payah berkarya. Yah, William Shakespeare. Seorang sastrawan (?) yang terkenal dengan bacotannya, ‘Apalah arti sebuah nama.’ Buku itu buku tentang cerita cinta melegenda layaknya cerita Cinderella. Buku yang katanya lambang cinta sejati berjudul…








ROMEO & JULIET.
.
..



Aku serius!!! Itu adalah pertama kalinya aku membaca dan tertarik dengan cerita Romeo & Juliet. Aku belum pernah nonton ataupun denger cerita tentang mereka, jadinya kan penasaran gitu. Begitu ada kesempatan, eh… aku malah milih waktu dan tempat yang salah.

Bahkan hingga detik ini, aku masih rada trauma dan enggan membaca kelanjutan kisah Romeo & Juliet. Peduli amat sama kisah cinta sejatinya. Aku pernah denger akhir kisah mereka, si Juliet mati bunuh diri gitu? Yah mau gimana lagi, kan bodoh namanya. Maaf-maaf aja buat RomJul shipper. Menurutku kalau emang cinta sejati, ya seharusnya mereka kan berjuang bersama, bukan malah menyerah bersama *eakk*. Kalau emang cinta mereka gak disetujui, ya udah, kawin lari aja. Yang penting mereka bisa hidup bersama bahagia selamanya. Layaknya kisah-kisah legenda lain ala dunia Disney. Udah selesai.

Aku tahu postinganku kali ini emang absurd (kayak postinganku yang lain normal aja), tapi apa yang aku ceritain di sini beneran kisah nyata. Makanya aku nganggap ini sebagai bagian dari nostalgila. Aku berterima kasih buat sang Guru yang udah berbaik hati nganggap kejadian itu angin lalu (bahkan aku yakin sekarang beliau udah lupa), semua itu aku lakukan karena aku beneran gak ngerti metode mengajarnya. Semoga sekarang sang Guru udah makin upgrade dan makin oke. Aku bakal nganggap ini sebagai pelajaran hidup yang berharga.

Akhir kata, salam super!


20.18 WIB, 150819.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar