Senin, 07 Maret 2016

[Review] MV/PV B.A.P – Kingdom





Setelah sempat dibikin ulala shake it-shake it sama MV Feel So Good-nya, kali ini B.A.P balik lagi ke identitas aslinya yang rebel dan heep hap gangsta chyeah. Pemandangan yang kontras kalo kita bandingin MV Feel So Good yang funky pastel dengan yang satu ini, black-white-sephia. Tapi aku gak akan komplen karena aku suka dua-dua-nya :v

Banyak yang bilang ini MV semacam One Shot jilid 2. Tapi aku lebih nganggep ini semacam Young Wild and Free 2.0. Karena apa? Ya karena aku mau nganggepnya begitu aja sih. Haha, gak kok, menurut sudut pandangku pake kacamata pantat botol, jalan cerita di MV Kingdom ini masih ada sangkut pautnya dengan YWF.

Tapi aku mau bahasnya perlahan-lahan aja.

MV dimulai dari sebuah rolling door (?) yang dibuka perlahan-lahan. Lalu muncullah personel B.A.P dengan Himchan ada di tengah. Dia ditaroh di tengah bukan karena visual, tapi karena dia dapet jatah bergumam—maksudku monolog kayak di YWF. Aku agak sedikit terobsesi suara Himchan monolog dalam bahasa Inggris. Why so sekseh??






Terutama pas dia ngomong, “This is our KINGDOM” begitu. Entah kenapa aku ngerasa aura Severus Snape nempel di jidatnya. Blonde Snape.




Ini bagian koreo yang paling aku suka. Aku nyebutnya Black Swan dance *ngasal*. Whoever made that moves, bless him! Oh ya, sebelum B.A.P hiatus, album pertama Jepang ini kan emang udah diproduksi ya. Nah, pas photo teaser-nya keluar, personel B.A.P pada pake jaket bulu-mirip-bulu-burung-gagak. Jadi mungkin aja gerakan kayak burung ngepakin sayapnya itu emang burung gagak. Simbol burung yang melambangkan jiwa yang bebas alias free spirit. Di China dan Jepang (kemungkinan juga Korea) percaya bahwa burung gagak adalah simbol matahari dan juga pengantar pesan dari Dewa.






Ini ceritanya Himchan, Daehyun, Youngjae dan Jongup lagi ada di markas mereka. Daehyun kayak sibuk ngebenerin sesuatu. Youngjae yang ngeliat Himchan cuman petantang-petenteng duduk di sofa, akhirnya nyuruh Himchan ngebantuin dia. Heh. Berani dia nyuruh sesepuh?!




Sementara Jongup asik sendirian nyemprotin cat ke sebuah meja/kotak kayu, nulis akronim B.A.P. Tapi karena ukuran mejanya yang kurang gede, jadi huruf ‘P’-nya gak muat xD



Seseorang ngetuk pintu. Keempat personel B.A.P memastikan dulu sebelum ngebukain pintu. Dan ternyata itu Bang & Zelo yang baru pulang dari perantauan.

Mereka diskusi dengan sebuah gambar sketsa mobil dll. Jangan bilang… mereka mau berencana ngerampok lagi?? Ckckck.





Mereka mulai rencana mereka. Hei, Jung Dae, lu kalo mau buka tuh pintu yang kekunci, ya mesti pake alat lah. Emangnya lu pikir lu punya kekuatan buat mutusin rante gemboknya kayak gigi Himchan?





 (Kupikir mataku yang salah, tapi setelah diperhatikan ternyata emang di menit 01.53, Dae, Jae dan Bang pake jaket tuebel karena emang mereka syuting MV ini di bulan Januari, ketika cuaca di Korea emang lagi dingin-dinginnya. Tapi di menit 01.50-0152 dan 01.54, mereka udah gak pake tuh jaket).

Youngjae mencoba buka pintu dengan cara yang smart, dan tentu saja dia berhasil. Tapi yang keliatan paling bahagia malah Daehyun. Dia manggil personel yang laen seolah-olah dia yang udah berhasil ngebuka tuh pintu.



Mereka masuk ke dalam gudang yang terkunci itu, dan ternyata di dalam sudah ada kelompok lain lengkap dengan Big Boss yang udah nunggu. Pertanyaannya, gimana cara mereka masuk padahal tuh gerbang dikunci dari luar? Apa ini trik ruang tertutup? *pake nada suara Detective Conan*







Big Boss nyuruh anak-anak buahnya yang juga berjumlah 6 orang buat ngasih pelajaran ke B.A.P, sementara dia ngawasin dari singgasana. Ketiga sesepuh B.A.P gak gentar, sementara ketiga maknae nyalain lampu (mungkin karena mereka mengalami rabun malam). Dan begitu lampu dinyalakan, anak-anak buah si Big Boss seolah kehilangan tenaga dan jatuh dengan pose yang keren




 Si Big Boss jadi keder dan dia ngacir.



B.A.P berhasil merebut kembali singgasana mereka (singgasana dari YWF kan ya?). Bang leader ngibar-ngibarin panji B.A.P Kingdom, lalu anak-anak buah si Big Boss seolah dapet kekuatan dan milih gabung dengan B.A.P. mereka joget-joget dan akhirnya direkrut jadi backdancer B.A.P.








Selesai.

Koreografi : 9/10
Ini udah B.A.P banget. Nilai cantik aku kasih buat Black Swan dance-nya. Indah sekali *tsaah*

Fashion : 8/10
Utamanya kostum putih mereka. Jarang-jarang juga Jongup dikasih jas yang panjang gitu. Biasanya juga si Zelo. Gak perlu banyak warna buat tampil keren.








Kesesuaian lirik dan tema MV :”(
Gimana mau bandingin, aku belum nemu lirik dan terjemahannya lagu ini. In syaa Alloh nyusul deh.

Tapi kalo mau ngira-ngira, aku udah ngerasa lirik sama tema MV udah sesuai kok. Ceritanya B.A.P mau ngerebut KINGDOM mereka yang udah diinjak-injak sama orang gak bertanggung jawab. Dan pada akhirnya mereka berhasil karena terus bersama-sama. Mereka juga sempat down, tapi karena ada cahaya harapan, akhirnya mereka bangkit lagi dan semakin kuat. Begitulah.

Last note : Pasti bakal lebih keren kalo lagu dan MV ini juga dibuat dalam versi Korea :3

160306, 22.07 WIB

Ujen/박수잔

5 komentar:

  1. Aloha~ Yuhuuuu~
    Guess who is back ??? :v
    Hahahaha....
    Senang akhirnya bisa komen lagi di mari :3
    Annyeoooonnggg~ *lambai2 bareng Daehyun*

    MV Kingdom samo Feel So Good aku belum jingok hyung, lagi hemat kuota ini.
    Ntarlah in sha Allah pas perpanjangan paket nanti aku jingoknyo :3

    BalasHapus
  2. kkk~ annyeong~ xD
    Kangen lah dengan komen bahaso Plembang-mu. Duo MV ini kontras konsepnyo. Kalo nak yg cutie-strawberry *halah* yoh Feel So Good. Sayang mereka cm menang sekali. Pdhl keren.
    Semoga dah hapal muko"nyo yo. Inget bae adek hyung yg paling sipit matonyo, ㅋㅋㅋ

    BalasHapus
  3. Wakseu~
    Tetep e yg paling ku inget tu si item Daehyun :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jyaahh.. Dae mah mudah ngapal mukonyo, inget ae dio orang yg paling sering dishoot mukonyo gegara jerit" :v

      Hapus
  4. Hahaha... paling sering jerit2 :v

    BalasHapus